Jenis-jenis Lebah

Bees And Honey

Tentang Madu & Lebah. . .


Bees And Honey

Tentang Madu & Lebah. . .


LEBAH

Lebah adalah satu-satunya makhluk hidup yang bisa menghasilkan madu. Lebah masuk dalam suku atau familia Apidae (ordo Hymenoptera: serangga bersayap selaput). Saat ini diperkirakan terdapat sekitar 20.000 spesies lebah di dunia

Dalam suatu kelompok (disebut "koloni") terdapat tiga "kasta", yaitu:

  1. Lebah Ratu, berjenis kelamin betina merupakan induk semua lebah dalam satu koloni dalam satu koloni hanya satu ekor lebah ratu.
  2. Lebah Betina, dikenal sebagai lebah pekerja jumlah lebah pekerja bisa mencapai puluhan ribu, 30.000 ekor lebah dan yang bibit unggul bisa mencapai sampai 60.000 ekor lebah.
  3. Lebah Jantan, jumlahnya hanya ratusan ekor lebah.

Setiap kasta lebah mempunyai tugas masing-masing. Lebah ratu hanya satu ekor dalam setiap koloni dan mengawal semua kegiatan lebah betina dan lebah jantan. Komposisi kromosomnya diploid sehingga dapat menghasilkan keturunan. Badannya lebih besar karena sejak masih dalam bentuk larva ia diberi makan royal jelly yang kaya akan vitamin dan gizi.

JENIS LEBAH INDONESIA

Lebah Hutan (Apis Dorsata)
Lebah ini belum bisa dibudidayakan. Hidup secara alami di hutan Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan kepulauan Nusa Tenggara. Lebah ini memiliki kontribusi yang besar terhadap pertumbuhan hutan di Indonesia

sumber : http://farm4.static.flickr.com

sumber : http://farm4.static.flickr.com

 
Lebah Ternak (Apis Mellifera)
Lebah jenis ini biasa di budidayakan di Indonesia. Banyak dijumpai di Sumatera dan Jawa, Lebah ini menghasilkan madu dalam jumlah yang banyak sehingga disukai oleh petani untuk diternak. Jumlah produksi madu mencapai 60 kg per koloni per tahun.
 
Apis Mellifera
 
 
 
Lebah Lokal (Apis Cerana)
Apis Cerana juga merupakan lebah yang biasa diternakkan oleh para petani lebah di Indonesia. Namun, jenis lebah ini menghasilkan lebih sedikit madu dari jenis Apis Mellifera.
 
 
Lebah Tanpa Sengat (Trigona Spp)
Lebah jenis ini tidak memiliki sengat dan merupakan lebah asli dari Asia. Madu yang dihasilkan oleh Lebah Trigona terasa lebih asam. Harga jual dari jenis lebah ini juga lebih tinggi. Orang Indonesia juga menyebut lebah ini dengan sebutan lebah kelulut atau lebah klanceng.