Hack your eat habit! Panduan Sederhana Cara Makan Sehat Setiap Hari

Ada 2 masalah utama yang sering dirasakan anak zaman sekarang, yaitu menu makanan yang kurang terjaga dan jadwal makan berantakan.

Kita cenderung memakan apa saja yang kita suka tanpa memperhatikan aspek kesehatannya.

Makan lah sebelum lapar, berhentilah sebelum kenyang

Artinya : makan secukupnya, sesuai dengan waktunya!

Tidak kurang, tidak lebih.

Terkadang kita makan terlalu banyak kalori hari ini, dan besoknya justru kita kekurangan asupan karbohidrat, sehingga tidur dalam keadaan tubuh yang masih lapar.

Bagaimana Cara Makan Sehat itu?

Makanan sehat adalah makanan yang mengandung gizi seimbang, kaya akan serat dan zat yang dibutuhkan untuk perkembangan tubuh.

Maksudnya : makanan yang mengandung karbohidrat, protein, mineral, vitamin, dan sedikit lemak.

4 Keputusan Penting Untuk Makan Sehat

Anda harus mengkonsumsi makanan dengan nilai asupan gizi yang seimbang untuk menopang aktivitas tubuh.

Untuk bisa makan sehat dan seimbang,

ada 4 keputusan penting yang harus anda putuskan sekarang juga, yaitu :

  • Pertama – Memilih Sumber Karbohidrat.
  • Kedua – Memilih Sumber Protein.
  • Ketiga – Menentukan SuperFood andalan anda – (multivitamin/suplemen)
  • Keempat – Memilih Cemilan kesukaan.

1. Pilih Sumber Karbohidrat yang tepat, dan mudah anda dapatkan

Ingat, karbohidrat merupakan sumber energi utama pada tubuh, menyumbang sekitar 30-50% dari energi anda setiap hari. So, Be Smart!

Jika anda adalah orang Indonesia, tidak usah berlama-lama untuk memilih sumber karbohidrat yang tepat.

Karena pilihan karbohidrat yang ada di Indonesia cukup terbatas,

Pilihan yang mudah di dapatkan di Indonesia adalah:

  • Nasi Beras Putih
  • Nasi Beras Merah
  • Roti

Opsi Pilihan karbohidrat lain, yang masih bisa di cari di Indonesia :

  • Jagung
  • Ubi
  • Kentang
  • Spageti
  • Oats/ Sereal

Catatan : Hindarkan Mie sebagai sumber karbohidrat utama anda.

Anda boleh memilih lebih dari satu sumber dari karbohidrat ini. Saya pribadi sampai sekarang masih menempatkan nasi beras putih sebagai satu-satunya sumber karbohidrat utama.

Namun, Dr.Shin Woo Seob dalam bukunya menyarankan untuk lebih memilih nasi beras merah.

Saya sendiri masih memilih nasi beras putih karena rasanya lebih enak dan lebih mudah di dapatkan.

Jika anda memilih lebih dari 1 sumber karbohidrat,

lebih baik tetapkan jadwal tetap untuk setiap pilihan anda.

Contohnya : Senin-Rabu anda makan Nasi Beras Putih

Kamis-Minggu anda makan Nasi Beras Merah

Jangan sampai anda kekurangan karbohidrat, atau justru malah makan terlalu banyak.

Orang yang paling tahu apakah anda sudah makan cukup karbohidrat atau belum adalah anda sendiri. Karena ini tergantung dari jenis kelamin, umur, berat badan, dan kondisi fisik saat ini.

Indikator alami pada tubuh kita adalah : Makanlah sebelum lapar, berhentilah sebelum anda kenyang!

Intinya : Cukup

Sebelum melanjutkan membaca, pilihlah jenis karbohidrat yang akan saya makan, sekarang!

2.    Tetapkan Sumber Protein yang Menurut Anda Enak

Protein merupakan sumber energi kedua bagi tubuh kita, menyumbang 10-30% energi yang ita gunakan setiap hari.

Protein ini juga berperan besar dalam pembentukan otot dan bentuk tubuh tubuh anda.

Sumber protein yang paling sehat dan mudah di dapatkan di Indonesia adalah :

  • Sea Food is The Best! – merupakan sumber protein yang umumnya rendah lemak.
  • Dada unggas – Ayam atau Bebek
  • Daging sapi tanpa lemak– Daging mengandung zat besi, seng, dan vitamin B12
  • Ikan air tawar
  • Ayam atau Bebek – Hindari makan kulit ayam atau bebek, karena mengandung lemak jenuh yang tinggi.
  • Kacang-kacangan – memiliki kandungan protein yang tinggi serta serat hingga dapat membuat rasa kenyang yang lebih lama.
  • Susu

Umumnya dua hingga tiga porsi makanan kaya protein dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Misalnya, 50-85 gram daging tanpa lemak, unggas atau ikan.

Catatan :

Disarankan untuk memilih sumber yang berbeda-beda setiap harinya. Tidak seperti memilih sumber karbohidrat tadi, untuk memilih sumber protein, anda boleh memilih lauk yang berbeda setiap harinya.

Hal ini karena, setiap sumber protein juga mengandung zat gizi sampingan yang bermacam-macam, seperti vitamin dan mineral.

Jika anda mengkonsumsi sumber protein yang berbeda setiap harinya, maka tubuh anda juga akan mendapatkan nutrisi tambahan lain yang berbeda juga.

Sebelum melanjutkan membaca, bayangkan jenis protein apa saja yang kira-kira cocok untuk anda.

3.    Siapkan Stok SUPERFOOD Pribadi Anda

Apa itu superfood?

Istilah superfood tidak begitu popular di Indonesia. Istilah ini berkembang di negara-negara sibuk seperti Jepang, Amerika dan Eropa.

Superfoods are nutrient powerhouses that pack large doses of antioxidants, polyphenols, vitamins, and minerals.

(health.com)

Intinya, superfood adalah makanan yang memiliki nilai gizi yang sangat tinggi, apabila kita memakannya, kita akan merasakan dampak kesehatan yang luar biasa.

Superfood merupakan rahasia banyak orang sukses dan sibuk. Orang-orang yang sedang berada di puncak karir tentu sangat menghindari sakit. Mereka ingin selalu tetap sehat.

Bahkan mereka ingin tetap produktif selama 16 Jam dalam sehari.

Makanan yang dianggap superfood bisa berasal dari alam, namun juga ada beberapa superfood yang merupakan buatan atau racikan manusia

Berikut adalah daftar superfood yang alami dan banyak di konsumsi :

  1. Acai
  2. Cocoa Powder
  3. Goji Berries
  4. Rumput Laut
  5. Madu – Honey is The Best Superfood!

Dari berbagai macam list superfood, sepertinya sangat susah untuk mendapatkan Acai, Cocoa Powder, atau pun Goji Berries. Bagi kita yang tinggal di Indonesia Superfood yang mungkin bisa dapatkan dengan mudah adalah rumput laut, atau madu.

Indonesia merupakan salah penghasil rumput laut terbesar di dunia. Namun, konsumsi rumput laut Indonesia masih rendah, sehingga Produk Rumput Laut yang siap makan di Indonesia masih sangat kurang.

Oleh karena itu, saya menyarankan madu sebagai Suerfood harian anda. Selain mudah di dapatkan di Indonesia, madu merupakan superfood yang paling kaya gizi dari semua superfood yang ada.

Karena praktis dan mudah di konsumsi, Orang-orang Amerika rata-rata mengkonsumsi sekitar  1-2 kg madu per tahun.

Sementara, orang swedia mengkonsumsi rata-rata 1 kg madu per tahunnya.

Sementara konsumsi madu per kapita orang Indonesia adalah 5 gr/Tahun (1 Sendok per tahun per orang)

Untuk pembahasan mengenai madu is superfood, akan di bahas di panduan 4.

4.    Tetapkan Buah/Sayuran Kesukaan Anda

Terakhir! last, but not least!

Sayur dan buah adalah sumber mineral dan vitamin yang sangat baik. Jangan lupa menambahkan sayur dan buah untuk anda konsumsi setiap harinya.

Mineral dan vitamin ini sebenarnya hanya dibutuhkan dalam jumlah yang kecil bagi tubuh kita.

Yang kita harapkan dari Buah dan sayur adalah : vitamin A, B, C, D, E, K, asam float, kalsium, dan zat besi.

Jika anda perhatikan,

sebenarnya berbagai jenis vitamin ini juga sudah tersedia di sumber Karbohidrat, sumber protein, dan Superfood.

Dengan menyertakan sayuran yang berwarna terang, seperti wortel, tomat, brokoli, kangkung, dan lainnya, akan membantu anda untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral

Ini akan sangat membantu apabila anda memiliki kebiasaan minum jus di setiap hari.

Baik bagi kesehatan, maupun kecantikan kulit dan tubuh anda.

Oleh karena itu,

Kita bisa menemukan orang yang jarang makan sayur tetap bisa hidup sehat.

Mereka mendapatkan vitamin dari buah atau Superfood/Multivitamin

Vitamin dan mineral hanya diperlukan dalam jumlah yang sedikit.

Dan itupun sudah terdapat dalam sumber karbohidrat, sumber protein, dan superfood.

Namun, apabila anda menginginkan bentuk tubuh yang indah dan kulit yang bagus, sangat disarankan untuk makan buah dan sayur yang cukup,

Karena sayur dan buah mengandung banyak serat untuk kulit anda.

The Most Important thing to do: MENGATUR WAKTU MAKAN!

“Saya laper banget nih, seharian belum makan, sekarang udah jam 4 sore”

“Aduh, semalam saya makan banyak nih, sekarang saya sakit perut”

“Maagh saya kambuh lagi, seminggu jadwal makan saya gak teratur”

Dan masih banyak lagi pernyataan yang mirip-mirip seperti ini.

Kecenderungan anak zaman sekarang adalah mereka makan hanya ketika mereka ada waktu untuk makan. Terkadang mereka hanya punya waktu 5 menit untuk makan pagi, tapi kadang-kadang mereka punya waktu 2 jam untuk makan malam saja.

Intinya : Porsi makan yang tidak teratur! dan jadwal makan yang berantakan!

Padahal, jika anda bisa mengatur jadwal makan dan menu makanan anda setiap minggunya, anda bisa menghemat waktu,

bahkan anda bisa memiliki waktu produktif tambahan 2-3 jam per harinya.

Lihatlah cara makan orang-orang sukses didunia. . .

Sebuah penelitian tentang cara makan dan minum orang-orang yang sukses ini pernah di lakukan oleh Tim Ferris. Wawancara dilakukan kepada 200 CEO perusahaan ternama.

Dari penelitian ini terungkap bahwa orang sukses memang memperhatikan benar-benar apa yang dia makan. Dan mereka juga punya jadwal untuk ‘hanya’ sekedar makan atau minum setiap harinya.

Ini adalah keputusan penting yang sebenarya mudah.

Setidaknya lebih mudah dari pekerjaan yang anda lakukan di kantor atau lebih mudah dari soal ujian UTS atau UAS di perguruan tinggi.

TIPS MENGATUR JADWAL MAKAN : planning, enjoying, sticking!

Mengatur jadwal makan itu sederhana :

  • Makan Pagi,
  • Makan Siang,
  • Makan Malam
  • O iya, ada satu lagi : Makan di waktu Ngemil.

Ya, sesederhana itu!

Tapi, mengapa masih sulit untuk mengatur jadwal makan?

Mari kita lanjutkan, dan bahas bersama, berikut adalah tipsnya :

Tiga kata untuk menggambarkan cara mengatur jadwal makan adalah : planning, enjoying, sticking!

Jadwal di Pagi Hari

Asupan nutrisi di pagi hari adalah yang terpenting dari jadwal makan yang lain. Karena makan pagi akan berpengaruh pada kesehatan pada sistem pencernaan anda.

Sudah banyak penelitian yang  membuktikan bahwa sarapan lebih penting dari makan siang atau makan malam.

Namun, Ironisnya, justru banyak yang menyepelekannya.

Penelitian tentang sarapan ini pernah dilakukan oleh Dr. Mark Pereira dari Harvard Medical School.

Penelitian ini melibatkan lebih dari 2.500 partisipan dan menganalisa pola makan mereka.Hasilnya adalah :

  1. Orang yang sarapan pagi dengan rutin cenderung lebih sehat daripada yang tidak melakukannya.
  2. Orang yang tidak terbiasa sarapan 3x lebih besar kemungkinannya menderita obesitas
  3. Orang yang teratur sarapan cenderung tidak memiliki masalah dengan gula darah dan kolesterol, yang dapat berujung pada diabetes dan serangan jantung.

Beliau mengatakan :

“Hasil penelitian kami membuktikan sarapan memainkan peran penting dalam mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung, ini kenapa sarapan adalah makanan paling penting. . . ,”

Berikut tips-nya!

  • TIPS 1 : Sediakan 20 menit untuk sarapan setiap hari : WAJIB!
  • TIPS 2 : ENJOY YOUR SUPERFOOD! –  Makanan yang super lengkap untuk sarapan
  • TIPS 3 : Hindari makan terlalu banyak karbohidrat saat sarapan.

Mari kita bahas satu-persatu. . .

TIPS 1 : Sediakan 20 menit untuk sarapan setiap hari : WAJIB!

  • 10 Menit untuk preparasi makanan sarapan
  • 10 Menit untuk waktu makan

Jam berapapun anda bangun, dan jam berapapun anda mulai berkegiatan, sediakanlah 20 menit di pagi hari. (TITIK!)

Ada banyak menu sarapan yang anda bisa persiapkan dalam waktu 10 menit atau kurang.

Berikut adalah daftar makanan yang anda bisa siapkan dalam 10 menit, dan mudah mendapatkan bahannya :

  1. Sari Roti + Selai Faforit anda dan Segelas susu
  2. Oatmil instan + cokelat nuttela
  3. Telur Orak Orik + Mayonise + Mentega
  4. Irisan Buah Pepaya + alpukat + madu + susu
  5. Pisang + Cokelat Nutella + selai madu
  6. 2 Telur Dadar dan segelas susu + madu –> Kesukaan saya 🙂
  7. Bubur Kacang Ijo di Warteg
  8. 2 buah pisang dan segelas susu
  9. 1 Buah Appel + The hijau
  10. dll

Catatan :

Walaupun sebenarnya banyak jenis makanan yang bisa anda buat untuk sarapan anda, namun sebaiknya anda memilih satu atau dua menu untuk sarapan untuk setiap harinya.

Contohnya, saya selalu minum segelas susu di campur madu dan 1 buah setiap pagi sebelum beraktifitas.

Kebiasaan ini saya lakukan setiap hari, tanpa perubahan menu di hari berikutnya. Untuk buah favorit saya adalah pisang, tomat atau apel.

Keuntungan yang saya dapat ketika menerapkan menu yang sama untuk sarapan diantaranya adalah :

  • Tidak perlu lagi susah-susah memikirkan menu sarapan setiap pagi.
  • Saya selalu punya stok makanan sarapan.

saya bisa beli dengan mudah di Alfamart, atau Indomaret setiap 1-2 minggu sekali

  • Saya Cuma butuh 15-20 menit untuk sarapan.

Saya mempersiapkan sarapan hanya dalam waktu 5 menit, dan saya mengkonsumsi sarapan dalam 10 menit

Kebiasaan ini ternyata juga dilakukan oleh orang-orang yang sukses di dunia, mereka memiliki menu sarapan yang sama di setiap harinya. Contohnya :

  1. Venus Williams – Susu Almond + Pisang + Alpukat
  2. CEO Tesla Inc, Ellon Musk – Minum Kopi
  3. Taylor Swift – Jus Jeruk atau Vanilla latte
  4. Barrack Obama – Teh Hijau + Jus Jeruk
  5. Victoria Beckham – Teh Hijau + Buah

Mereka selalu sarapan dengan menu yang hampir sama setiap hari.

TIPS 2 : ENJOY YOUR SUPERFOOD! –  Makanan yang super lengkap untuk sarapan.

Di bagian awal sudah saya jelaskan bahwa Superfood merupakan bagian penting yang harus anda masukkan dalam menu makanan anda.

Jika anda memilih madu untuk SuperFood anda, anda bisa minum 2-3 Sendok madu di pagi hari.

Konsumsi madu bisa anda campurkan dengan air hangat, atau susu.

Selain itu anda juga bisa menjadikan selai roti, atau pemanis untuk susu atau teh.

Manfaat yang akan anda dapatkan jika anda rutin minum madu di pagi hari adalah :

  1. Boost up your Energy – Menambah energi secara signifikan
  2. Boost up your Memory – Meningkatkan daya ingat dan daya kerja otak
  3. Meningkatkan metabolisme tubuh
  4. Detoksidikasi racun dalam tubuh
  5. Mencerahkan kulit anda

Setiap superfood memiliki waktu optimal jadwal tertentu untuk di konsumsi.

Jika anda mengkonsumsi superfood berupa suplemen, atau makanan yang bukan alami dari alam, anda harus mengikuti jadwal makan sesuai anjuran dokter.

TIPS 3 : Hindari makan terlalu banyak karbohidrat

Karena terlalu banyak karbohidrat akan membuat anda mengantuk. Untuk makan pagi, kita disarankan untuk mengkonsumsi makanan dengan sumber protein yang cukup.

Contohnya, susu, telur, roti, dll

Sumber protein inilah yang akan menjaga perut anda untuk tidak lapar sebelum makan siang.

Selain untuk menunda lapar, protein juga berfungsi untuk menambah energi anda di pagi hari, sehingga anda bisa beraktifitas dengan produktif sebelum makan siang.

Selain protein, makanan yang lebih baik anda persiapkan saat sarapan adalah buah dan sayur.

Jadwal di Siang Hari

Waktu yang paling tepat untuk makan siang adalah antara pukul 12.30 – 13.30 siang.

Berikut adalah Tips Makan Siang :

TIPS 1 : Pastikan Anda sudah berada di meja makan setiap pukul 12.45

The key is sticking to the plan!

Tetapkan jam makan siang anda, yaitu antara 12.30-13.30 siang. Menurut guru biologi saya waktu di SMA dulu, ini adalah waktu terbaik untuk makan siang.

Tetapkan jam makan siang anda, perlakukan jadwal anda layaknya jam masuk kantor, atau jam masuk kampus setiap harinya.

Dengan demikian, anda pasti tidak ingin telat makan.

TIPS 2 : Karbohidrat dan Protein adalah menu utama

Pada saat makan siang ini, menu makanan anda adalah karbohidrat dan protein.  Pada jam makan siang ini, perut anda sudah mulai bisa mencerna makanan berat dengan baik.

Makanlah dengan santai dan sediakan waktu 20-30 menit untuk mengkonsumsi makanan anda.

TIPS 3 : Makanlah Sebelum Lapar, Berhentilah Sebelum kenyang!

Artinya, makan secukupnya, apapun sumber karbohidrat dan protein yang anda makan, usahakan selalu cukup.

Apabila anda kebanyakan makan, anda akan merasa mengantuk 1-2 jam setelah makan. Sehingga waktu anda menjadi tidak efektif untuk melakukan kegiatan

Sebaliknya, jika anda makan terlalu sedikit, 2-3 jam lagi anda merasa lapar lagi.

Ini berbahaya.

Biasanya kita akan cenderung mengemil ketika lapar di siang atau sore hari. Ngemil menjadikan pola makan kita berantakan.

Anda boleh saja ngemil, asalkan makanan yang anda makan adalah makanan yang sudah anda persipkan.

Anda harus mengetahui jumlah kalori dalam cemilan anda.

Jadwal di Malam Hari

Beberapa kesalahan makan malam :

  • Kita makan layaknya menu makan siang! (ini kesalahan yang sering dilakukan)
  • Kita makan diatas jam 8 malam

TIPS 1 : Hindari makan di depan Layar!

Ya, layar sekarang tidak hanya terbatas pada TV saja. Layar sudah berkebang dari HP, Leptop, dan TV.

Penelitian menyebutkan bahwa, makan di depan TV membuat porsi makan kita menjadi berlebihan.

Selain itu, makan di depan layar, membuat kita cenderung untuk makanan-makanan yang berlemak seperti keripik, kue, permen atau cemilan lainnya.

TIPS 2 : Makanlah Sedikit Saja

Maksudnya, makanlah setengah porsi saja. Hindari makan karbohidrat dan protein yang berlebihan di malam hari. Apabila anda makan banyak di malam hari, perut anda akan bekerja keras untuk mencernanya saat anda tertidur.

Hal ini akan berdampak pada kualitas tidur anda.

Selain itu, makan berat di malam hari juga berpotensi menjadi racun bagi tubuh.

Menu makanan yang boleh anda makan sebenarnya boleh disamakan dengan makan siang, Tapi ingat! Makan dengan setengah porsi saja, ya!

Waktu yang paling tepat untuk makan malam adalah jam 7 malam atau 3 jam sebelum tidur.

TIPS 3 : Minum 2-3 Sendok Madu Tepat Sebelum Anda ke Tempat Tidur

Madu adalah superfood yang super lengkap. Sudah banyak penelitian yang mengungkapkan khasiat dari madu.

Dengan mengkonsumsi 2-3 sendok madu setiap hari sebelum tidur, manfaat yang akan dapatkan adalah :

  1. Mempercepat proses tidur
  2. Mencegah Insomnia
  3. Menjadikan tidur lebih nynyak
  4. Membantu memperlancar pencernaan selama anda tidur.

Anda bisa meminum 2-3 sendok madu secera langsung. Atau anda juga bisa menabahkan madu pada susu, teh, atau air hangat.

Untuk pembahasan lebih lanjut mengenai madu, akan di bahas di panduan 4.

Waktunya CEMILAN 😉

Cemilan adalah makanan favorit saya.

Saya lebih suka cemilan dari pada makan sarapan, makan sang, atau makan malam. Tidak peduli ini adalah jam kerja, atau bukan, cemilan itu praktis, dan bisa di makan dimana saja, dan kapan saja. Apa Anda suka cemlan juga?

Tapi ingat! Cemilan itu memang ENAK! hahaha

TIPS CEMILAN!

TIPS 1 : Cemilan bukan untuk bikin anda kenyang!

Salah satu kesalahan terbesar saat kita ngemil adalah, kita ngemil sampai kenyang!

Sebenarnya, ngemil itu boleh-boleh saja. Tapi jangan sampai porsinya terlalu banyak.

Apabila anda sedang dalam program diet, kesalahan ini merupakan kesalahan fatal. Karena cemilan seperti cokelat, gorengan, kerupuk, dan cemilan manis lainnya akan membuat berat badan anda naik.

TIPS 2 : Atur Jenis Cemilan Berdasarkan dari Tujuan Anda!

Bila dikelola dengan baik, cemilan justru bisa jadi bermanfaat bagi kita. Perhatikan stui kasus berikut :

Rini Sedang Dalam Program Diet, maka :

Sebenarnya lebih baik Rini tidak ngemil sama sekali. Tapi mungkin sulit untuk tidak ngemil.

Oleh karena itu, Rini memilih cemilan yang tinggi serat, seperti buah, dan sayuran. Selain itu Rini juga menghindari makan makanan berminyak, seperti makan gorengan secara berlebihan. 

Andika Ingin Menaikkan Berat Badan, maka :

Saat ini Andika ingin gemuk, pilihan cemilan yang cocok adalah cemilan yang tinggi protein dan lemak seperti : cokelat, permen, dan sedikit kue atau roti.

Cemilan yang memiliki protein yang tinggi akan membantu Andika untuk menambah berat badannya.

TIPS 3 : Hindari Ngemil secara berlebihan!

Be smart! Jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi cemilan.

Apakah itu berlemak, terlalu banyak MSG, atau terlalu tinggi karbohidrat?

Semua makanan yang berlebihan akan tidak baik bagi kesehatan.

Salah mengelola cemilan dengan baik akan membuat pola makan anda jadi berantakan.

Apalagi kalau sampai kekenyangan gara-gara ngemil. Waduh.

 

Yups. Itulah tadi panduan praktis How to Hack your Eat Habit! Intinya anda hanya harus mengatur apa yang anda makan dan kapan. Itu saja.

Artikel ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya. Kita membahas tentang bagaimana cara hidup sehat dan lebih produktif.

Terdiri dari 4 panduan :

Panduan 1 : Hack your eat habit! Panduan Lengkap Cara Makan Sehat Sehari-hari. – Yang sedang dibaca sekarang

Panduan 2 : Hack your sleep habit! Bagaimana cara tidur lebih sedikit, namun berkualitas

Panduan 3 : Hack your daily exercise habit! Bagaimana cara olahraga di sela-sela kesibukan anda

Panduan 4 : Have Your Own SuperFood! Honey is the best one!

Pada Panduan selanjutnya akan membahas tentang bagaimana cara mengatur waktu tidur yang baik agar energy dan waktu kita menjadi lebih efektif dan efisien :

LANJUT KE PANDUAN 2 :

Cara tidur lebih sedikit, namun tetap berkualitas, Hack your sleep habit! (Tips no. 9 paling manjur)