Cara olahraga yang bisa anda lakukan di rumah di sela-sela kesibukan anda. (DIY)

Ok, let’s be honest. .

Kita sama-sama tahu kalau olahraga yang kita maksud disini bukanlah olahraga layaknya atlit angkat beban yang mengangkat besi 100kg, atau pun atlit marathon yang berlari sejauh 100 km.

Yups, yang kita bahas adalah olahraga ringan seperti push up, sit up, jogging, angkat barble, dan olahraga kecil lainnya. Cukup 15-30 menit perhari! 5 kali seminggu!

Anda bisa saja mencari di youtube bagaimana cara push up, cara sit up, dan cara angkat barble.

Tapi masalahnya bukan itu.

Masalah yang akan kita bahas disini adalah :

bagaimana cara menjadikan olahraga kecil ini sebagai kebiasaan kita sehari-hari.

Masalah utama dalam olahraga adalah : PRIORITAS!

Kalau kita tarik benang merah-nya, masalah utama kita adalah : PRIORITAS!

Para pakar boleh saja mengatakan sebaiknya kita berolahraga 20 menit, 30 menit atau 60 menit setiap hari,

tapi mereka tidak memberi tahu kalau kuncinya adalah :

How to make it a daily habit!
(cara menjadikan olahraga ringan sebagai kebiasaan sehari-hari)

Saya punya acara unik untuk anda.

Yaitu cara untuk menjadikan olahraga ringan ini sebagai kebiasaan sehari-hari.

Tips yang saya sarankan mungkin anda pernah mencobanya sebelumnya.

Ok, LET’S SEE. . . TIPS-nya
ADALAAAAHH. . . .  
lihat gambar

Finess Challange - maduorganik.co.id

30 Days Finess Challange Workout

Yupss. .

Ini adalah aplikasi android untuk membantu kita menjadikan olahraga sebagai habit atau kebiasaan.

Kenapa Aplikasi Ini?

Bukan,

saya tidak dibayar untuk mempromosikan aplikasi ini.

Ini murni saran dari saya sebagai pengguna.

Aplikasi ini sangat simple dan sangat memanjakan penggunanya

Aplikasi ini memiliki User Experience yang sangat bagus.

Inilah 6 alasan kenapa saya sangat menyarankan aplikasi ini :

  1. Selain ini adalah aplikasi favorit saya, aplikasi ini juga merupakan pilihan editor tim Google
  2. Kita tidak membutuhkan peralatan olahraga, hanya memanfaatkan gerakan dan masa tubuh.
  3. Kita hanya butuh 10-15 menit perhari untuk mempraktekkan-nya.
  4. Dirancang untuk 30 Hari. Waktu yang cukup untuk menjadikan olahraga sebagai kebiasaan.
  5. Dibuat dengan berdasarkan pada riset yang panjang yang melibatkan para ahli.
  6. Saya menemukan aplikasi ini secara tidak sengaja, dan saya senang menggunakannya

STEP BY STEP MENGGUNAKAN APLIKASI 30 Day Fitness Challenge Workout – Lose Weight dari Leap Fitness Grup.

Baiklah, sebelum kita mulai,

sebaiknya anda mendownload dulu aplikasi ini dan memasangnya di android kesayangan anda.

Mulailah melihat-lihat dan mencobanya.

Download aplikasinya disini

TIPS 1 : Pilih Tantangan mana yang akan anda ambil. (Tips : No 1 wajib diambil)

Setelah mengisikan data berat badan dan tinggi badan,

anda akan melihat 5 buah tantangan untuk 30 hari kedepan.

Tantangan tersebut adalah :

  1. Tantangan Seluruh Tubuh (Full Body Workout) – Saran saya pilih ini
  2. Tantangan Perut (Abs Workout)
  3. Tantangan Pantat (Butt Workout)
  4. Tantangan Lengan (Arm Workout)
  5. Tantangan Kaki (Leg Workut)
Finess Challange - maduorganik.co.id

30 Days Fitness Challange Workout

Ya, jika dilihat dari jenis tantangan yang tersedia,

selain untuk menyehatkan,

aplikasi juga membantu kita untuk memiliki tubuh yang indah dan ideal.

Tidak ada panduan atau anjuran dari pembuat aplikasi jumlah minimal dan maksimal tantangan yang harus diambil.

Artinya, Untuk 30 hari kedepan,

anda bisa saja memilih minimal satu dari tantangan tersebut.

Menurut pengalaman saya,

setiap tantangan membutuhkan 10-15 menit per harinya.

Saya sarankan untuk mengambil satu tantangan saja, yaitu tantangan nomor 1 : Full Body Workout.

Atau jika anda sanggup dan menginginkan 2 pilihan, pilihlah nomor 1 dan nomor lainnya.

Lebih baik tidak memilih lebih dari 2 tantangan. Karena semakin banyak tantangan yang anda ambil, berarti anda harus berkomitmen meluangkan lebih banyak waktu setiap harinya.

Bukan apa-apa, soalnya ini harus anda ikuti selama 30 hari kedepan,

jadi anda harus bijak dan cermat dalam memilih tantangan ini.

TIPS 2 : Pilih level tantangan yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Terdapat 6 level tantangan untuk setiap jenis tantangan, yaitu :

  1. Level mudah 1
  2. Level mudah 2
  3. Level menengah 1
  4. Level menengah 2
  5. Level Sulit 1
  6. Level sulit 2
Finess Challange - maduorganik.co.id

Fitness Challange – maduorganik.co.id

Bagi anda yang perempuan,

untuk tahap awal ini, saya sarankan untuk mengambil level mudah saja.

Dan bagi laki-laki,

saya sarankan untuk mengambil level menengah ke atas.

Tapi, bagaimana pun juga, tetap sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Anda bisa memilih level sesuai dengan komitmen dengan diri anda sendiri.

TIPS 3 : Lakukan tantangan ini di pagi hari, sebelum mandi dan sarapan pagi.

Karena hanya membutuhkan waktu 5-15 menit, sebenarnya anda dapat dengan mudah melakukannya di sela-sela kesibukan anda.

Namun, karena target kita adalah menjadikan kegiatan sebagai kebiasaan atau habit, lebih baik kita melakukannya di waktu yang sama setiap harinya.

Menurut pengalaman saya,

waktu terbaik untuk melakukan tantangan ini adalah di pagi hari,

sebelum mandi dan sarapan.

Walaupun tergolong olahraga ringan, kita akan tetap akan berkeringat.

Bagi saya, akan sangat tidak nyaman jika berkeringat di siang atau malam hari.

Kecuali bagi anda yang biasa mandi di malam hari, anda bisa saja melakukan olahraga ini sebelum mandi.

Tapi, anda harus menghadapi konsekuensi tubuh sudah terlalu capek dan lelah beraktifitas seharian. Takutnya, anda akan susah berkomitmen melakukannya di hari-hari tertentu dimana anda merasa sangat lelah.

TIPS 4 : Lakukan di tempat yang sama dan waktu yang sama setiap hari

Untuk melancarkan rencana kita menjadikan olahraga ringan ini sebagai habit, lebih baik kita memilih tempat dan waktu yang sama setiap harinya

Saya sendiri memilih teras dan dilakukan di pagi hari sebelum mandi.

Selain udara pagi masih segar, berolahraga di ruang terbuka menurut saya adalah ide yang baik.

TIPS 5 : KONSISTEN and DO NOT SKIP A DAY!

Yuppps, yang harus selalu anda sadari, tantangan terberat disini bukan gerakannya, tapi KONSITENSI untuk tetap melakukannya.

Ya, mungkin mudah saja bagi anda untuk mengatakan :

“saya sudah melakukannya selama 7 hari berturut-turut, jadi kalau saya tidak melakukannya hari ini itu tidak masalah, mulai besok saya berjanji untuk melakukannya tanpa putus-putus”

Satu hal yang ingin saya katakan kepada orang seperti itu adalah :

“Sepertinya kemarin adalah hari terakhirmu melakukan tantangan ini . . .!”

Bukan apa-apa, ketika anda memutus rantai 1 hari untuk tidak melakukan olahraga ini, akan lebih mudah bagi anda untuk memutus rantai rangkaian hari berikutnya.

Ingatlah tujuan anda untuk hidup lebih sehat dan memiliki penampilan yang menarik.

Lakukanlah latihan ini, walaupun anda merasa tidak punya waktu

Jadikan olahraga ini sebagai prioritas.

TIPS 6 : Reward your self every weeks completed!

Love your self! And take some Reward.

Hadiah-hadiah kecil untuk diri anda sendiri akan membangkitkan semangat dalam diri anda.

Berilah diri anda reward setiap 1 minggu sekali. Tidak perlu hadiah yang besar. Hadiah yang kecil terkadang bisa lebih bermakna bagi anda.

Contoh reward yang bisa anda berikan ke diri anda sendiri setiap minggu-nya adalah :

  • Makan di restoran favorit anda
  • Membeli baju kesukaan anda
  • Menghabiskan waktu bersama kekasih atau anak anda
  • dll

Lakukan kebiasaan memberi reward ini Kediri anda, dan percayalah, anda akan lebih termotivasi di minggu berikutnya.

Yups, itu tapi 6 tips untuk bisa menjadikan olahraga ringan sebagai keseharian kita. Semoga bermanfaat.

Artikel ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya tentang Panduan bagaimana cara hidup sehat dan lebih produktif.

Terdiri dari 4 Panduan :

Panduan 1 : Hack your eat habit! Panduan Lengkap Cara Makan Sehat Sehari-hari.

Panduan 2 : Hack your sleep habit! Bagaimana cara tidur lebih sedikit, namun berkualitas

Panduan 3 : Hack your daily exercise habit! Bagaimana cara olahraga di sela-sela kesibukan anda –  – yang sedang dibaca sekarang

Panduan 4 : Have Your Own SuperFood! Honey is the best one!

Lanjutkan ke panduan berikutnya :

Ingin Rutin Minum Madu? Baca Tips dan Panduan ini dulu : Honey is Superfood, Eat Your Honey Now!