Cara tidur lebih sedikit, namun tetap berkualitas, Hack your sleep habit! (Tips no. 9 paling manjur)

Tidur yang berkualitas dengan waktu yang cukup sangat mempengaruhi kebugaran dan produktivitas kita di pagi hari.

Masalah-masalah yang sering kita hadapi tentang tidur adalah :

  • Insomnia – Ingin tidur cepat, tapi belum bisa tidur.
  • Jadwal tidur berantakan
  • Sudah tidur cepat, tapi masih kesiangan.
  • Baru bangun tidur, malah merasa kurang fit dan agak pusing.
  • Belum bisa tidur sebelum jam 12.
  • dll

Apakah anda pernah mengalami masalah-masalah tidur seperti itu? Atau malah sering?

Inilah akibat yang rasakan pada siang hari jika kita memiliki masalah saat tidur :

  • Konsentrasi mudah terganggu walaupun dalam keadaan diam.
  • Jadi sering lupa,
  • Merasa gelisah sepanjang hari, termasuk di pagi hari.
  • Sering mengantuk di jam-jam sibuk, termasuk di siang hari.

Jika anda mengalami salah satu kejadian diatas, bisa jadi kualitas dan kuantitas tidur anda belum maksimal.

Untuk itu, anda perlu memperbaiki cara tidur agar bisa aktif di siang hari.

Sebenarnya, hanya ada dua hal yang harus kita perhatikan mengenai tidur, yaitu :

kualitas dan kuantitas tidur.

Walaupun terdengar sederhana, tapi cukup banyak orang yang bermasalah dengan kualitas dan kuantitas tidur, sehingga mempengaruhi kegiatannya di siang hari.

Nah, sekarang kita akan membahas tentang strategi agar kita bisa tidur dengan nyenyak setiap malam, dan sepanjang malam.

Ini hanya masalah kuantitas dan kualitas tidur. So take it easy, just Enjoy it!

Strategi pertama yaitu memperbaiki kuantitas tidur

  1. Tidur dan bangun pada jam yang sama dan konsisten setiap hari.
  2. Bayarlah Hutang tidur anda, Segera!
  3. Tidur di jam ajaib : 23.00 – 02.00!
  4. Kurangi tidur siang yang tidak teratur dan berlebihan

Strategi kedua yaitu memperbaiki kualitas tidur :

  1. 5 Menit saja, rapihkan tempat tidur anda, senyaman mungkin.
  2. Minum suplemen sebelum tidur (seperti : Melatonin, Magnesium, Ginkgo biloba dan madu)
  3. Makanlah sebelum jam 8 malam
  4. Mandi air hangat sebelum tidur

Mari kita bahas bersama.

STRATEGI PERTAMA : Cara Memperbaiki Kuantitas Tidur

Yuups, kuantitas tidur adalah hal yang tidak kalah penting dari kualitas tidur.

Kebanyakan masalah tidur berasal dari kuantitas tidur yang buruk. Kuantitas tidak hanya bergantung dari jumlah jam tidur,

tapi juga bergantung pada jadwal dan konsistensi.

Apakah anda pernah begadang di malam hari dan tidur lebih dari 12 jam di siang hari?

Ya, walaupun kita tidur lebih lama, tapi tetap saja kita akan merasa kurang enak badan, karena kita tidak diwaktu yang salah. Dengan kata lain, :

Kita harus tidur di waktu yang cukup,
dan di waktu yang tepat!

Berikut tips-nya :

TIPS 1 : Tidur harus cukup – Tidak kurang, tidak lebih!

Berapa lama sebenernya waktu yang kita butuhkan untuk tidur?

Jawabannya tergantung dari banyak faktor, termasuk faktor umur.

Secara umum berikut adalah durasi tidur yang kita butuhkan pada saat tidur :

  • Bayi, butuh tidur 12-15 jam perhari
  • Batita (1-3 tahun), butuh tidur 11-14 jam perhari
  • Balita, butuh tidur 10-13 jam perhari
  • 6-12 Tahun, butuh tidur 9-11 jam perhari
  • Remaja 12-18 tahun butuh tidur 8,5-9,5 jam perhari
  • Dan orang dewasa butuh tidur 7-9 jam perhari
  • Bagi Ibu yang sedang hamil, seringkali membutuhkan waktu tidur tambahan dari biasanya.

Di usia dan kesibukan anda sekarang,

anda seharusnya bisa menimbang sendiri berapa lama durasi ideal yang anda butuhkan untuk tidur.

Para pakar mengatakan bahwa, jika seseorang sering ngantuk dan bermalas-malasan di siang hari, berarti dia kurang tidur.

TIPS 2 : 3 Jam Ajaib Untuk Tidur ! Jam 23.00 – 02.00!

Anda bisa saja mengatur sendiri seberapa lama anda tidur,

dan kapan anda akan mulai pergi tidur.

Tapi,

yang harus anda perhatikan adalah :

Jagan lewatkan tidur jam 23.00 – 02.00!

Pernahkah anda mendengar pepatah ini :

“1 jam tidur sebelum tangah malam bernilai 2 jam tidur setelah tengah malam”.

Walaupun ini hanya perumpamaan, tapi pesan yang disampaikannya cukup jelas,

yaitu agar kita tidak melewatkan jam tidur tengah malam.

Sebenarnya ini adalah saran dari dua guru saya sekaligus, guru biologi dan guru agama.

Menurut guru biologi,

Jam 23.00 – 02.00 adalah waktu tidur yang baik bagi tubuh untuk beristirahat.

Tubuh menyerap nutrisi dengan baik di jam-jam ini.

Sementara itu, menurut guru agama,

tidur jam 23.00 – 02.00 adalah waktu tidur yang baik. Menurut beliau, Nabi Muhammad SAW tidur pada jam ajaib ini,

sehingga beliau bisa bangun pada jam 2.30 atau jam 3 dengan mudah.

Bagi saya pribadi, tidur yang ideal bagi saya adalah jam 10.30,

sehingga saya bisa terbangun dinihari. Bisa untuk sholat tahajud, ataupun hanya sekedar nonton tim bola favorit saya.

Jadi,

jika anda sedang banyak tugas yang harus dikerjakan dan harus mengorbankan waktu tidur,

tidurlah jam 23.00 – 02.00.

Anda bisa terbangun dengan segar sampai pagi.

Tapi ingat! Anda harus membayar hutang tidur!

TIPS 3 : Bayarlah Hutang tidur anda, Segera!

Jika anda kurang tidur kemarin, maka hari ini anda wajib membayar hutang tidur.

Ya, kita tidak berhutang ke orang lain, tapi kita berhutang ke tubuh yang kita cintai ini.

Tubuh kita tidak bisa menerima jika kita mengurangi waktu tidur dari biasanya. Tubuh kita menuntut hutang tidur.

Mungkin terdengar aneh, tapi itulah yang terjadi.

Apa yangterjadi jika kita tidak membayar hutang tidur?

Jawabannya adalah waktu yang tidak produktif sepanjang hari.

Dengan kata lain, anda akan mengantuk, kurang fokus, dan bermalas-malasan sepanjang hari.

Jika anda biasanya tidur 7 jam perhari,

dan kemarin anda hanya tidur 5 jam,

berarti anda harus tidur minimal 9 jam hari ini.

TIPS 4 : Kurangi tidur siang yang tidak teratur dan berlebihan

Apa anda suka tidur siang?

Ya, ternyata tidur siang juga memiliki banyak manfaat.

Tapi ingat, anda harus cerdas dalam mengatur tidur siang.

Menurut pakar,

tidur siang 30 menit atau kurang dapat meningkatkan kinerja otak.

Namun sebaliknya,

tidur siang yang panjang akan berdampak negative ke otak.

Tidur siang yang baik menurut islam adalah setelah zuhur dan sebelum asar,

atau setelah jam 12 sebelum jam 3 sore.

Tidur siang sebenarnya tidak wajib,

bagi anda yang tidak sempat tidur siang anda tetap bisa memiliki kualitas tidur yang baik di malam hari.

STRATEGI KEDUA : Cara Memperbaiki Kualitas Tidur

Apakah anda pernah merasa pusing ketika bangun tidur?

padahal sudah tidur dengan waktu dan durasi yang cukup?

Mungkin masalahnya terletak pada kualitas tidur.

Ya, selain durasi dan jadwal tidur,

hal lain yang harus kita perhatikan adalah

memperbaiki kualitas tidur.

Percuma kita tidur cukup, tapi kita tidak tidur dengan baik.

Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, kita perlu memperhatikan hal-hal berikut ini :

TIPS 5 : 5 Menit saja, rapihkan tempat tidur anda, senyaman mungkin.

Bantal, guling, selimut, dan kasur sudah bersih ? Waktunya tidur!

Bantal, guling, selimut, dan kasur memang bukan syarat wajib untuk bisa tertidur dengan nyenyak.

Banyak yang bisa tidur pulas tanpa bantal, tanpa selimut, atau tanpa kasur sekalipun.

Syarat utama dari tidur adalah kenyamanan.

Yups, tingkat kenyamanan setiap orang dalam tidur memang berbeda-beda.

Ada yang harus tidur dengan guling,

ada juga yang tidak bisa tidur dengan selimut,

ada juga yang bisa tidur tanpa kasur.

Tapi persamaannya adalah : kerapihan dan kebersihan tempat tidur anda.

Sediakan waktu 5 menit sebelum tidur.

Rapihkanlah posisi bantal dan bersihkan debu di tempat tidur anda.

Walaupun tampak sepele dan sederhana,

tapi ini sangat berpengeruh bagi kualitas tidur anda sepanjang malam.

Tanpa anda sadari,

tungau, telur semut, dan telur binatang kecil lainnya bisa bersarang di kasur atau bantal anda.

jika tidak dibersihkan,

anda akan merasa gatal dan menggaruk-garuk sepanjang malam.

Hal ini yang membuat tidur anda kurang nyenyak.

TIPS 6 : Minum suplemen sebelum tidur (seperti : Melatonin, Magnesium, Ginkgo biloba dan madu)

Apakah anda memiliki multivitamin atau superfood pribadi?

Kalau punya,

minumlah sebelum tidur.

Banyak penelitian menyebutkan bahwa minum obat sebelum tidur akan membuat anda lebih mudah untuk tidur.

Suplemen yang sering digunakan untuk tertidur adalah Melatonin dan Magnesium.

Mengkonsumsi 1-5 gram melatonin 1 jam sebelum tidur dapat membantu kita untuk tidur lebih nyenyak.

Suplemen lain yang bisa didapatkan di Indonesia adalah

Enervon C, Sangobion Fit, dan Cerebrofit X-Cel.

But, lets be natural.

Bagaimanapun, multivitamin yang alami akan lebih baik daripada yang sintesis atau buatan manusia.

Contohnya madu, Acai, dan ginko biloba.

Ada 3 cara mengkonsumsi madu untuk diminum 60 menit sebelum tidur.

  1. Minum susu + madu
  2. Air hangat + madu
  3. Atau minum 1-2 sendok madu secara langsung

Kenapa Harus Minum Madu Sebelum Tidur?

Banyak sekali manfaat madu apabila dikonsumsi sebelum tidur,

beberapa khasiat-nya mungkin akan membuat anda takjub,

untuk mengetahui tentang khasiat madu sebelum tidur, silahkan klik disini

TIPS 7 : Jangan makan diatas jam 8 malam

Sudah menjadi pengetahuan umum,

kalau makan terlalu malam itu tidak baik bagi kesehatan.

Karena dengan makan beberapa menit sebelum tidur akan menyebabkan produksi hormon dan melatonin terganggu

sehingga dapat merusak kualitas tidur.

Mencerna makanan saat kita tidur justru membuat tubuh kita menjadi lelah saat bangun pagi.

Berhentilah makan 1 atau 2 jam sebelum tidur.

Pada penelitian lain juga mengatakan bahwa makan beberapa jam sebelum tidur akan membuat tidur menjadi lebih pulas.

Kita tidak perlu berlama-lama untuk membahas ini,

Karena sudah banyak penilitian yang diterbitkan dengan berbagai karya ilmiah

membuktikan bahwa makan teralu malam berdampak buruk bagi kesehatan.

Jadi, lebih baik kita mengikuti saran pakar kesehatan untuk tidak makan terlalu malam.

TIPS 8 : Mandi sebelum tidur

Tahukah anda?

Ternyata orang Jepang jarang mandi.

Setidaknya, lebih jarang mandi daripada orang Indonesia.

Orang Jepang hanya mandi sekali dalam  1 hari.

Itupun dilakukan di malam hari. Paginya, mereka hanya cuci muka dan berangkat kerja.

Bagi kita orang Indonesia,

tidak mandi sebelum kerja adalah sebuah aib yang harus disembunyikan di tempat kerja atau dikampus.

Kalau orang tau, kita malah jadi bahan tertawaan.

Namun,

ternyata mandi sebelum tidur memiliki banyak sekali manfaat.

Beberapa manfaat mandi air hangat untuk memperbaiki kualitas tidur adalah :

  1. Membuat tidur lebih cepat
  2. Membuat tidur menjadi lebih nyenyak dan pulas.
  3. Membantu bangun lebih pagi

Iklim dan Cuaca di Indonesia memang berbeda dengan Jepang.

Dan saya pun juga tidak menyarankan untuk tidak mandi sebelum bekerja.

Bagi saya,

mandi sebelum tidur adalah hal yang menyegarkan dan membuat saya nyaman saat tidur. Tapi, di pagi harinya saya tetap mandi lagi.

Buka karena takut ketahuan tidak mandi pagi,

mungkin bagi kita orang Indonesia, tidak afdhol rasanya kalau tidak mandi pagi.

Tips 9 (Tambahan) : Tidak usah iri dengan orang yang bisa tidur 3-4 jam perhari!

Jujur,

saya pribadi seringkali kagum melihat teman-teman yang lebih produktif.

Mereka bisa mengatur waktunya dan mengurangi waktu tidurya.

Tapi itu dulu. . .

Sekarang saya tidak kagum lagi. . .

Dulu saya sering manantang tubuh saya untuk tidur 4 jam perhari.

Dari jam 11 malam sampai jam 2 pagi.

Hal ini saya lakukan agar bisa lebih produktif.

Hasilnya?

Seperti yang sudah diperkirakan : Bencana!

Di minggu-minggu awal tubuh saya memang sanggup untuk memenuhi tantangan ini.

Namun 2 bulan kemudian saya terkena gejala tifus. Jllleeeeb! -_-

Ya itulah pengalaman saya.

Tapi untungnya,

tidak hanya saya yang berfikir demikian,

manusia terkaya di dunia pernah juga beranggapan seperti saya, Bill Gates.

Dulu,

Bill pernah iri pada orang yang bisa tidur 3-4 jam perhari.

Tapi dengan segudang pengalamannya, kini dia berubah pikiran.

Dia mengaku tidak bisa bepikir kreatif dengan meminimalisir tidurnya.

 “

Aku dulu memang pernah bekerja sepanjang malam di kantor, namun sudah cukup lama aku kemudian tidur nyenyak. Aku suka tidur 7 jam tiap malam karena itulah yang aku perlukan agar pikiran tetap tajam dan kreatif

Bill Gates, Pendiri Microsoft

Selain Bill Gates, Orang nomor 1 di Amazon, Jeff Bezos juga berfikir demikian.

Pada tahun 1999 Jeff pernah mengatakan hal berikut :

Aku jadi lebih waspada dan berfikir lebih jelas. Aku malah merasa lebih baik sepanjang hari jika tidur selama 8 jam

Jeff Bezos, CEO Amazon

Kini setelah 18 tahun berlalu,

Jeff masih melakukan hal yang sama, dan mampu membawa Amazon menjadi perusahaan tersukses di dunia.

 

Yups, itu tapi 9 tips untuk tidur lebih berkualitas. Artikel ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya tentang Panduan bagaimana cara hidup sehat dan lebih produktif.

Terdiri dari 4 panduan :

Panduan 1 : Hack your eat habit! Panduan Lengkap Cara Makan Sehat Sehari-hari.

Panduan 2 : Hack your sleep habit! Bagaimana cara tidur lebih sedikit, namun berkualitas – yang sedang dibaca sekarang

Panduan 3 : Hack your daily exercise habit! Bagaimana cara olahraga di sela-sela kesibukan anda

Panduan 4 : Have Your Own SuperFood! Honey is the best one!

Lanjutkan ke panduan berikutnya :

Cara olahraga yang bisa anda lakukan di rumah di sela-sela kesibukan anda. (DIY)