fbpx
Honey Tips & Story

Cara Menyimpan Madu Agar tetap Enak dan Terhindar dari Semut

Hallo Honey Lovers. . . Udah minum madu hari ini ? Di artikel ini akan membahas cara menyimpn madu agar tetap awet dan tetap enak diminum.

Apa kamu pernah mengalami madu jadi membeku ketika ditaruh di kulkas maupun ditaruh dilemari biasa? kamu pernah ngalamin madu yang sering dikerubungi semut?

sepertinya kamu wajib membaca artikel ini sampai habis.

O iya, bagi yang belum tahu, inilah fakta menarik tentang madu yang kamu harus tahu:

  1. Madu itu gak bisa kadaluarsa,
  2. Madu bisa membeku, dan susah (gabisa) mencair lagi
  3. Madu itu disukai semut, walaupun madu asli!

Nah, mari kita bahas satu persatu. . . siapkan kopi atau cemilannya ya. . 😊

Fakta 1 : Madu itu Gak bisa Kadaluarsa

Tahu gak sih, madu juga ditemukan dalam piramida mesir. Diperkirakan madu tersebut berumur sekitar 3000 tahun dan masih layak untuk dikonsumsi.

Oleh karena itu, kalau kita membeli madu asli jangan takut kalau madu yang kita beli bisa kadaluarsa. Kalau madu yang kamu beli bisa kadaluarsa, berarti madu yang kamu beli bukan madu asli.

Lalu, kenapa terdapat tanggal kadaluarsa dalam kemasan madu?

Nah, ini cukup menarik. Jika kita membeli madu baik diapotik maupun beli secara online, kita akan selalu menemukan label expired date atau tanggal kadaluarsa madu pada kemasannya, termasuk Madu Organik yang kita jual juga mencantumkan tanggal kadaluarsa selama 5 tahun.

Kalau madu asli gak bisa kadaluarsa, lalu kenapa dikasih label expire date?

Ini karena peraturan pemerintah tentang kemasan makanan minuman dan obat harus mencantumkan tanggal kadaluarsa. Setiap produk yang dimakan harus mencanumkan tanggal expired nya.

Nah, bagi para penjual madu asli murni, biasanya memaok tanggal kadaluarsa tertinggi untuk sebuah produk makanan , yaitu 5 tahun. Jadi walaupun madu asli, tetap harus dikasih label kadaluarsa maksimal 5 tahun.

Tapi tenang saja ini Cuma label ‘syarat’ dari pemerintah. Kalau kamu menyimpan madu asli selama lebih dari 5 tahun, madu kamu masih aman dikonsumsi kok.

O iya, madu yang kita jual juga mencantumkan tanggal kadaluarsa 5 tahun loh. Padahal mah, madu kita gak bisa kadaluarsa, soalnya madu asli murni. . 😊

Peraturan pemerintah tentang label tanggal kadaluarsa ini diatur dalam :

  • Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 69 Tahun 1999 tentang Label dan Iklan Pangan,
  • Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan dan
  • Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen

Fakta 2 : Madu Bisa membeku dan susuh (gabisa) balik lagi

Pernah gak sih menaruh madu dalam kulkas, terus besoknya madunya membeku?

Aku dulu pernah kayak gini. Saat pengalaman pertama menaruh madu dalam kulkas, besoknya madu jadi beku, padahal gak ditaruh di freezer. Cukup kaget juga, padahal udah beli lemon buat diminum pakai madu. :’)

Tanpa pikir panjang aku langsung mendiamkannya dilemari biasa. Hasilnya, setelah 3 hari madu tetap beku!

Nah, disini aku mulai curiga kalau madu yang aku beli adalah madu palsu.

Tapi gimana ya? Soalnya aku yakin ini adalah madu asli. Aku beli madu ini langsung dari petaninya, dan aku juga lihat proses panen hingga pengemasannya. Ya, soalnya aku magang di perusahaan madu ini waktu kuliah semester 6 , hehe. .

O iya, ini kejadiannya 2 tahun yang lalu, waktu itu kami belum jualan madu online. Bagi yang mau tau ceritanya kenapa aku bisa jualan madu secara online, klik disini ya. . .

Nah, sekitar beberapa hari kemudian, kebetulan aku ketemu sama dosen yang ahli dibidang perlebahan, tanpa pikir panjang aku langsung bertanya mengenai madu yang membeku dan penjelasan dosen ku seperti ini:

Hahaha, lagian, ngapain kamu taruh madu dalam kulkas. Kalau madu kamu membeku, berarti madu yang kamu beli mengandung banyak pollen! Madu yang sudah beku susah buat mencair kembali. Tapi tenang aja, madu beku tetap bisa dimakan kok, dan khasiatnya juga gak berkurang. Sama aja seperti madu cair.

Hmm, jadi mitos yang beredar kalau madu asli itu gak bisa beku hanyalah mitos belaka.

Setelah itu aku coba googling tentang madu yang membeku atau mengkristal. Ternyata, dibeberapa negara di eropa, mereka malah lebih suka madu yang mengkristal, alasannya supaya lebih mudah dioleskan ke roti atau makanan lainnya. Hmm, ternyata gitu yaa

Fakta 3 : Madu asli juga disukai semut!

Nah,ini cukup menarik.

Banyak mitos yang beredar kalau madu asli itu tidak disukai oleh semut.

Mitos ini salah besar!

Faktanya, madu asli pun juga disukai oleh semut. Belum ada penelitian khusus mengenai madu dan semut ini. Namun beberapa sumber menyebutkan bahwa madu asli itu memiliki ukuran partikel yang cukup besar dan susah di cerna oleh semut. Sehingga semut yang berkerubung di sekitar madu hanya bisa sekedar ‘menjilat’ madu saja.

Untuk menghindari madu dari mengkristal dan semut, ikuti tips berikut :

Tips menyimpan madu agar tetap enak dan tidak dikerubungi semut

  1. Jangan simpan madu dilemari es, cukup simpan dalam lemari dengan suhu ruangan biasa.
  2. Simpan madu ditempat kering dan tidak terkena cayaha matahari langsung.
  3. Hindari tumpahan atau percikan madu dibotol madu.
  4. Kalau madu tetap dikerubungi semut, simpanlah madu seperti gambar dibawah ini

Yups, demikian tips cara menyimpan madu dari kami, o iya,bagi yang ingin beli madu di toko kita, silahkan beli via instagram, whatsApp atau shopee. berikut link nya :

Instagram  : @maduorganik.co.id
Shopee        : Toko Madu Organik

Fakhri Rafiki

Fakhri Rafiki

Honey Lover
Walaupun pernah disengat, lebah telah memberi saya inspirasi untuk membangun blog ini. Mereka disiplin dan pekerja keras dalam memproduksi madu. Lebah tidak bekerja hingga larut malam. Hanya pagi hingga sore hari. Malam adalah waktu untuk beristirahat.