fbpx
Honey Benefit

Cara Menggunakan Madu Saat Luka Bakar

Sudah ratusan tahun madu digunakan sebagai obat luka dan luka bakar. Tujuan penggunaan madu adalah untuk mengurangi bekas luka yang akan terjadi dan untuk mempercepat penyembuhan.

Ketika kita terkena luka atau luka bakar, langsung saja oleskan madu dibagian luka atau luka bakar. Semakin cepat madu dioleskan, semakin mempercepat penyembuhan dan semakin mengurangi risiko bekas luka yang akan terbentuk.

Berikut langkah-langkah menggunakan madu untuk luka bakar :

Langkah 1 : Mengalirkan air ke bagian yang luka

Nah, ketika terkena luka bakar, langkah yang harus dilakukan pertama kali adalah mengalirkan air ke kulit yang terkena luka. Lakukan sekitar 5 menit atau sampai kulit terasa nyaman.

O iya, jangan menempelkan es pada permukaan kulit yang terkena luka. Ini akan berakibat fatal.

Langkah 2 : Oleskan Madu didaerah yang terbakar

Oleskan madu dibagian yang terkena luka bakar sampai ke bagian kulit sekitar yang tidak terkena luka bakar. O iya, jangan terlalu menghemat madu, kalau memungkinkan, oleskanlah madu dengan ketebalan hingga 0,5 cm.

Saat madu dioleskan pada luka bakar, luka akan menjadi tetap lembap, sehingga pemulihan dapat berjalan dengan cepat dan juga mengurangi bekas luka yang akan ditinggalkan

Oleskan madu setiap hari dibagian yang terkena luka untuk mempercepat penyembuhan dan mencegah terjadinya bekas luka.

Langkah 3 : Sebarkan Madu dengan hati-hati

Sebarkan madu di daerah luka bakar dengan hati-hati. Gunakan kantong plastik tipis, kantong sandwich, atau stik es krim berbahan kayu untuk menyebarkan madu di sekitar wilayah yang terbakar secara perlahan.

Jika luka bakar sudah sampai merusak daging terlau dalam, sebaiknya kamu lagsung ke dokter untuk penangangan lebih lanjut.

Pada kondisi yang lebih kronis, dokter akan menyarankan untuk memakai kain perban di bagian luka.

Nah, itu dia tips mengobati luka bakar dengan madu. Semoga bermanfaat.

Fakhri Rafiki

Fakhri Rafiki

Honey Lover
Walaupun pernah disengat, lebah telah memberi saya inspirasi untuk membangun blog ini. Mereka disiplin dan pekerja keras dalam memproduksi madu. Lebah tidak bekerja hingga larut malam. Hanya pagi hingga sore hari. Malam adalah waktu untuk beristirahat.